Jumat, 30 Mei 2008

BERTEMAN DENGAN PERUBAHAN

Tips agar kita tidak canggung berteman dengan perubahan di tempat kerja dan karier kita.

  1. Jangan letakkan semua telur anda dalam satu keranjang organisasi. Jangan biarkan kepercayaan diri anda dan rasa memiliki anda hanya diberikan pada satu organisasi saja. Hal ini akan mengurangi kebebasan dan menyebabkan anda menjadi korban pelengkap penderita saja.
  2. Fokuskan kerja anda menampakkan hasilnya keluar organisasi. Layani konsumen, bukan hanya atasan dan karier anda saja. Dengan melayani konsumen, anda menolong diri anda sendiri dan organisasi anda. Menyenangkan atasan dan bermain politik kantor mungkin melicinkan karier anda, tetapi itu hanyalah cara kuno yang tidak sehat.
  3. Sesuaikan siapa diri anda dengan apa yang anda kerja, bukan dimana anda sedang bekerja. Siapakah diri anda bukan dimanakah diri anda bekerja. Rasa percaya diri dan identitas anda jangan hanya diletakkan pada hubungan organisasi. Hal ini menyebabkan anda menjadi korban tetap suatu hubungan kerja.
  4. Temukan pekerjaan yang menyegarkan jiwa anda. Anda akan mendapatkan kekuatan, kegembiraan dan produktivitas yang luar biasa bila nilai-nilai dan misi pribadi anda seirama dengan pekerjaan anda.
  5. Bangunlah hubungan antar sesama yang saling mendukung. Kita semua melakukan lebih baik saat kita memiliki rekan yang dapat memberikan nasehat dan umpan balik, dukungan dan semangat. Orang yang dapat membantu anda terdapat di dalam dan luar organisasi anda.

0 komentar:

mucis ........